Indonesia & Jepang Kerja Sama Teknologi Informasi

02 Mei 2017  |  21:57 WIB
Share this post :
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjalin kerja sama dengan Ministry of Internal Affairs and Communications Japan melalui the 5th Indonesia-Japan ICT Joint Working Group yang diresmikan di Jakarta pada Selasa (2/5/2017).

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjalin kerja sama dengan Ministry of Internal Affairs and Communications Japan melalui the 5th Indonesia-Japan ICT Joint Working Group yang diresmikan di Jakarta pada Selasa (2/5/2017).

Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika (PPI) Kemenkominfo, Ahmad M.Ramli, mengatakan kerja sama ini sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Operation yang telah ditandatangi oleh Menkominfo pada 2015.

Ada beberapa yang dikerjasamakan termasuk dalam bidang penyiaran yang terkait dengan penyebaran penyiaran sampai ke daerah. Uji coba sudah dilakukan untuk teknologi one seg TV.  "Di daerah pinggiran atau remote yang tidak terjangkau oleh sinyal,” ujar Ahmad Ramli.

Dia menambahkan selama ini sudah dilakukan kerja sama dan uji coba yang cukup baik.  Adapun tahapan berikutnya akan dilakukan evaluasi terhadap uji coba ini terkait penerapannya dengan skema-skema bantuan Jepang ke Indonesia.

“Kesempatan ini merupakan minute of meeting, isinya membahas apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan. Untuk yang akan dilakukan yaitu termasuk melakukan feasibility tadi terhadap project ini kelanjutannya seperti apa yang akan menentukan kota-kota yang akan membutuhkan,” ujarnya.

Dia mengatakan kerja sama untuk penyiaran ini terkait infrastruktur TIK karena banyak daerah yang tidak terjangkau siaran. Di mana sebelumnya sudah dilakukan di delapan daerah diantaranya Biak dan akan dievaluasi ke depannya untuk menentukan daerah lainnya.

Teknologi one seg TV ditawarkan agar daerah yang biasanya tidak terjangkau layanan televisi bisa mendapatkan siaran, termasuk daerah yang tidak berlistrik.

"Investasinya belum dihitung karena masih uji coba. Mereka akan survei lagi daerah mana yang sesuai dan sedang dibicarakan skema kerja sama yang sejalan dengan teknologi yang dibangun,” katanya.

Dia mengungkapkan kerja sama lainnya dapat dikembangkan karena kerja sama Indonesia-Japan ICT Joint Working Group  ini terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara lebih luas, seperti dalam monitoring bencana dan lain-lain. Dalam kesempatan tersebut hadir Seiji Takagi Director-General for International Affairs, Global ICT Strategy Bureau, Ministry of Internal Affairs and Communications (MIC) Japan.