Susahnya Menerima Telepon di Perbatasan Indonesia

14 Juni 2017  |  16:17 WIB
Share this post :
Bisnis.com, JAKARTA Sebagai negara kepulauan terbesar dunia, Indonesia memiliki tantangan tersendiri dalam membangun akses informasi yang menyeluruh. Jaringan telekomunikasi, baik berupa suara maupun data, masih belum menjangkau seluruh daerah secara merata, terutama daerah terluar yang berbatasan dengan negara lain.

Bisnis.com, JAKARTA — Sebagai negara kepulauan terbesar dunia, Indonesia memiliki tantangan tersendiri dalam membangun akses informasi yang menyeluruh. Jaringan telekomunikasi, baik berupa suara maupun data, masih belum menjangkau seluruh daerah secara merata, terutama daerah terluar yang berbatasan dengan negara lain.

Anang Latif, Direktur Utama Badan Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) menceritakan bagaimana sulitnya seorang anggota TNI yang berjaga di wilayah perbatasan terluar berkomunikasi, baik dengan keluarga di rumah maupun atasannya, selama menjalankan tugas di wilayah Indonesia yang berbatasan dengan negara Malaysia.

Seperti diketahui, wilayah Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia‎ sepanjang 1.782 km. Selain Malaysia, ada juga negara lainya seperti Singapura, Filipina, dan Laut China Selatan. Kemudian, bagian paling selatan berbatasan dengan Australia, Timor Leste dan dikelilingi Samudra. Sementara, perbatasan sepanjang 820 km membatasi Indonesia dengan Papua Nugini, Timor Leste, dan Samudra Pasifik.

Menurut Anang, pada saat dirinya memantau wilayah perbatasan Indonesia bagian utara, ‎ada salah satu anggota TNI yang berjaga di wilayah perbatasan dengan Malaysia menerima telepon dari atasannya.

Namun, anggota TNI tersebut mengetahui jika mengangkat telepon tersebut akan terkena pulsa roaming karena sinyal yang diterima berasal dari negara tetangga. Sang tentara terpaksa harus lari ratusan meter masuk ke wilayah pedalaman Indonesia agar mendapatkan sinyal dari operator dalam negeri supaya terbebas dari roaming, baru kemudian mengangkat telepon dari atasannya.

"Dia harus lari dulu sejauh mungkin masuk ke wilayah Indonesia dari pos jaga perbatasan tadi. Biar tidak kena roaming. Kasihan kalau seperti itu terus," tuturnya.

Anang mengaku prihatin dengan kondisi tersebut, pasalnya menurut Anang, sampai saat ini sinyal dari Base Transceiver Station (BTS) operator masih belum banyak yang menyentuh hingga ke wilayah perbatasan. 

Anang memprediksi, salah satu alasan operator jarang membangun BTS hingga ke wilayah terluar perbatasan Indonesia, karena sama sekali tidak akan menguntungkan operator tersebut dari sisi bisnis.

"Kalau membangun BTS di perbatasan, tidak banyak yang menggunakan handphone di sana. Makanya kami akan menjalankan program untuk membangun BTS sampai 2019 nanti, hingga ‎ke wilayah perbatasan. Jadi anggota yang berjaga di sana, tetap dapat berkomunikasi dengan baik," katanya.